Rabu, 09 Februari 2011

John Henry Ingin Akhiri 'Kutukan' Liverpool

Wednesday, 09 February 2011 10:28
AFP/Paul EllisBeritabola.com Liverpool - Sudah 20 tahun lamanya Liverpool sudah puasa gelar Liga Inggris dan persepakbolaan Inggris didominasi Manchester United. Namun kedatangan John W Henry yang diyakini mampu menghapus 'kutukan' itu dan membawa The Reds berjaya lagi.

Tahun 1990 adalah terakhir kali The Anfield Gank bertahkta dan saat itu mereka ditangani Kenny Dalglish. Sesudahnya, Liverpool seperti tak mampu kembali bersaing dengan MU, Arsenal atau Chelsea yang baru menanjak lima musim belakangan.

Bisa ditebak di era sepakbola moderen sekarang ini kekuatan finansial jadi faktor penting bagi sebuah klub untuk bisa berprestasi dan itu yang mungkin tak dipunyai Liverpool. Maka datangnyalah seorang John Henry sebagai pemilik baru dengan segala harapan baru dari pria asal Amerika Serikat itu.

Awal yang baik sudah diberikan oleh Henry saat ia mengeluarkan 60 juta poundsterling untuk membeli Andy Carroll dan Luis Suarez di bursa transfer Januari kemarin. Sebelumnya ia sudah mendepak Roy Hodgson yang dicap gagal dan menggantinya dengan Dalglish, manajer legendaris klub tersebut.

Performa 'Si Merah' yang sempat terpuruk di awal musim kembali membaik dan mental para pemain kini terangkat kembali. Itu menurut Henry hanya sebuah awal dan ia masih ingin membawa Steven Gerrard dkk kembali mendominasi Liga Inggris.

"Kami ingin jadi yang terbaik di dunia sepakbola. Itulah mengapa kami di sini, di Liverpool dan itulah mengapa kami semua di sini menatap ke depan," tegas Henry di Mirror.

"Berkompetisi di level tertinggi olahraga yang paling populer di dunia adalah sesuatu yang tak bisa kami lewatkan begitu saja. Klub ini tak banyak berkembang dalam dua tahun terakhir dan kami ingin bangkit. Itu artinya berkompetisi dengan Manchester United," sambungnya.

MU dari sejak dulu adalah rival berat Liverpool di Ingris dan bergantian mereka menguasai persepakbolaan di negeri Ratu Elizabeth itu.

Henry beserta Fenway Sports Group punya pengalaman membawa klub baseball miliknya, Boston Red Sox, meraih titel juara setelah 86 tahun hampa gelar dan memutus dominasi musuh bebuyutannya, New York Yankees. Itulah yang ingin Henry lakukan di Liverpool sekarang.

"Kami mempunyai skill yang unik di Fenway dan itu adalah kami bisa menghapus apa yang mereka sebut kutukan -- Kami mengakhiri 86 tahun puasa Gelar Boston," tutur Henry.

"Kami lakukan itu dan kami kini menghadapi masalah sama yaitu Liverpool sudah 20 tahun puasa gelar Liga Inggris."

"Ada perasaan kuat di antara kami semua bahwa kami punya keunikan yaitu menghapus kutukan. Walaupun kami tidak begitu tahu olahraga, tapi tahu bisnis olahraga dan tahu apa yang diperlukan untuk bersatu di dalam sebuah tim olahraga."

"Itu memberikan tantangan bagiku untuk berpikir kami bisa membawa Liverpool meraih titel Liga Primer. Itulah sebab kami berada di sini dan kami tidak punya tujuan yang lain," pungkas Henry. (dtc/mrp)
 

0 komentar:

Posting Komentar