Selasa, 15 Februari 2011

Perubahan Fisika dan Kimia


Perubahan yang melibatkan sifat fisika atau kimia.
Sifat Fisika
Sifat yang tidak mengubah sifat kimia suatu materi. Karakteristik fisika bau, kekerasan, titik didih, wujud materi.
Sifat Kimia
Sifat yang mengubah sifat kimia suatu materi. Menerangkan bagaimana suatu materi bereaksi dengan materi yang lain membentuk suatu materi baru.
perubahan-fisika
Ciri-ciri yang mengindikasikan adanya perubahan kimia :
  • Perubahan warna
  • Perubahan bau
  • Pembentukan gas
  • Timbulnya cahaya
  • Pembentukan endapan baru
  • Perubahan pH.
Contoh :
Gula  adalah  senyawa  yang  mudah  terurai (dekomposisi) dengan pemanasan menjadi senyawa yang lebih sederhana, misalnya karbon hitam (arang), yang tidak dapat terurai lagi baik secara fisika maupun kimia, tetapi dapat berubah struktur dan sifatnya menjadi grafit dan intan
Perubahan Fisika
Suatu materi mengalami perubahan fisika, adalah perubahan zat yang bersifat sementara, seperti perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Perubahan ini tidak menghasilkan zat baru.
Jika kita memanaskan es, maka es tersebut akan berubah menjadi air, selanjutnya jika kita panaskan terus maka air akan berubah menjadi uap air.
Peristiwa ini hanya menunjukan perubahan wujud dimana es, adalah air yang berbentuk padat, dan air yang berbentuk cair, dan uap air adalah air yang berbentuk gas. Tampak bahwa zat masih tetap air. Berbagai macam perubahan wujud adalah contoh perubahan fisika. Beberapa contoh di bawah ini, adalah perubahan wujud yang mudah kita amati.
Proses membeku, perubahan dari zat cair menjadi zat padat karena terjadi penurunan suhu, membuat es dan membuat agar-agar atau jelly adalah proses yang sering dilakukan oleh ibu kita.
Penyubliman adalah peristiwa perubahan zat padat berubah menjadi gas. Dalam kehidupan sehari-hari  mudah kita jumpai, misalnya kapur barus yang menyublim menjadi gas berbau wangi. Menghablur merupakan peristiwa perubahan gas menjadi padatan, peristiwa ini sering disebut juga dengan pengkristalan. Proses di laboratorium dapat dilakukan untuk membuat kristal amonium sulfat yang berasal dari gas amonia dan belerang dioksida.
Perubahan wujud yang lain adalah menguap, mencair dan mengembun. Peristiwa ini dapat diamati pada peristiwa hujan. Peristiwa ini diawali dengan penguapan air ke udara,  selanjutnya mencair kembali dan kembali ke permukaan bumi  (Gambar 1.6).
gambar_1_6
Perubahan bentuk juga termasuk dalam perubahan fisika, misalnya gandum yang digiling menjadi tepung terigu. benang dipintal menjadi kain dan batang pohon dipotong-potong menjad kayu balok, papan dan triplek.
Perubahan Kimia
Perubahan kimia merupakan yang bersifat kekal dengan menghasilkan zat baru. Perubahan kimia disebut juga reaksi kimia. Untuk mempermudah, dapat kita lakukan percobaan sederhana.
Batang kayu kita ambil dan dibakar, Batang kayu tersebut berubah menjadi abu, asap dan disertai keluarnya panas. Abu, asap dan panas yang keluar tidak berubah kembali menjadi batang kayu. Perhatikan Gambar 1.7.
gambar_1_7
Perubahan yang terjadi kekal dan menjadi ciri perubahan kimia, dengan kata lain, zat sebelum bereaksi berbeda dengan zat sesudah bereaksi.
Beberapa contoh lain adalah :
  1. Pembakaran bahan bakar, bensin atau solar menghasilkan zat cair dan asap serta energi yang dapat menggerakkan kendaraan bermotor.
  2. Proses fotosiontesa pada tumbuhan yang memiliki zat hijau daun, mengubah air, gas karbon dioksida dan bantuan cahaya matahari dapat diubah menjadi makanan atau karbohidrat,
  3. Pemanasan batu kapur menghasil kapur tohor dan gas karbondioksida.

Perubahan Materi atau Zat - Secara Fisis / Fisika dan Kimia - Ilmu Kimia

Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi zat baru maupun tidak. Perubahan materi terbagi menjadi dua macam, yaitu :
1. Perubahan Materi Secara Fisika atau Fisis
Perubahan fisika adalah perubahan yang merubah suatu zat dalam hal bentuk, wujud atau ukuran, tetapi tidak merubah zat tersebut menjadi zat baru.
Contoh perubahan fisis :
a. perubahan wujud
- es balok yang mencair menjadi air
- air menguap menjadi uap
- kapur barus menyublim menjadi gas, dsb
b. perubahan bentuk
- gandum yang digiling menjadi tepung terigu
- benang diubah menjadi kain
- batang pohon dipotong-potong jadi kayu balok dan triplek, dll
c. perubahan rasa berdasarkan alat indera
- perubahan suhu
- perubahan rasa, dan lain sebagainya
2. Perubahan Materi Secara Kimia
Adalah perubahan dari suatu zat atau materi yang menyebabkan terbantuknya zat baru. Perubahan
Contoh perubahan kimia :
a. bensin biodiesel sebagai bahan bakar berubah dari cair menjadi asap knalpot.
b. proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan yang merubah air, sinar matahari, dan sebagainya menjadi makanan
c. membuat masakan yang mencampurkan bahan-bahan masakan sesuai resep menjadi masakan yang dapat dimakan.
d. bom meledak yang merubah benda padat menjadi pecahan dan ledakan
Tambahan :
Pada perubahan fisika dapat dikembalikan dari bentuk hasil output menjadi imput, namun pada perubahan kimia tidak dapat dikembalikan menjadi bentuk semula secara sempurna

Perubahan Kimia dan Perubahan Fisika

es mencair, air membekuPerubahan fisika tidak ditandai dengan terbentuknya zat baru. Sedangkan perubahan kimia ditandai dengan terbentuknya zat baru.
Perubahan fisika lebih kita kenal sebagai perubahan wujud zat. Pada perubahan wujud zat, tidak ada zat baru yang terbentuk. Zat tersebut meski telah berubah wujudnya tetapi masih mempunyai rumus molekul kimia yang sama. Macam-macam perubahan fisika:


  1. Mencair: perubahan wujud zat dari padat ke cair.
  2. Menguap: perubahan wujud zat dari cair ke gas.
  3. Menyublim: perubahan wujud zat dari gas ke padat/sebaliknya.
  4. Mengembun: perubahan wujud zat dari gas ke cair.
  5. Membeku: perubahan wujud zat dari cair ke padat.
Perubahan es mencair menjadi air adalah contoh perubahan fisika. Es dan air memiliki rumus molekul sama, yaitu H2O, sehingga tidak ada zat baru yang terbentuk.

Perubahan kimia kita kenal sebagai reaksi kimia ditandai dengan beberapa ciri:
  1. perubahan warna.
  2. perubahan suhu.
  3. timbulnya endapan.
  4. timbulnya gas.
Pada pembakaran bahan bakar bensin terjadi proses perubahan kimia. Jika bensin kita anggap terdiri dari oktana, terjadi reaksi pembakaran bensin:
C8H8(g) + 12 O2(g) ----> 8 CO2(g) + 4 H2O(g)
bensin + oksigen ----> karbondioksida + uap air
Terlihat bahwa terbentuk zat baru yaitu karbondioksida dan uap air yang memiliki rumus molekul berbeda dengan zat awal yaitu bensin dan oksigen.

Fisika dan Perubahan Kimia

o    View
o    clicks
Posted June 23rd, 2009 by aryodewa
o    Fisika Dasar
A.PERUBAHAN FISIKA
Perubahan fisika dapat diamati pada lingkungan di sekitar kita. Apa contoh perubahan fisika tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita simak pembahasan berikut :
1.Beberapa Perubahan Fisika di Sekitar Kita
Mungkin di daerahmu terdapat sungai yang memiliki batuan dari berbagai ukuran. Batuan tersebut ada yang besar, ada pula yang kecil. Arus sungai yang deras menerpa dan menghanyutkan batuan tersebut sehingga pecah menjadi batuan-batuan yang lebih kecil. Pecahan-pecahan batuan ini memiliki sifat yang sama dengan batuan semula. Sebagai contoh, pecahan batuan dan batuan semula tetap keras, serta bahan penyusunnya pun sama. Peristiwa pecahnya batuan tergolong perubahan fisika.
Udara yang kita hirup setiap hari merupakan hasil perubahan fisika. Udara terdiri dari berbagai macam gas, misalnya gas oksigen, nitrogen, dan argon. Gas-gas ini bercampur secara fisika membentuk udara. Udara yang telah terbentuk dapat diuraikan menjadi zat penyusunnya melalui proses destilasi.
Ketika kamu menjemur pakaian juga terjadi perubahan fisika. Pakaian yang semula basah lama-kelamaan kering karena mendapat panas matahari. Panas matahari menguapkan air yang terdapat pada pakaian. Perubahan dari air menjadi uap air tergolong perubahan fisika.
Ketika kita membuat minuman teh juga terjadi perubahan fisika. Pada saat itu kita mencampur gula dengan air teh. Setelah diaduk beberapa lama, butiran gula menghilang dan timbul rasa manis. Adanya rasa manis menunjukkan bahwa zat gula sebenarnya tidak hilang, melainkan masih terdapat dalam air teh.
Perubahan fisika juga dapat diamati ketika kita merebus air, membuat es batu, air mengalami perubahan wujud dari cairan menjadi padatan. Ketika kita menggoreng masakan dengan margarine, terjadi perubahan wujud dari padatan menjadi cairan.
2.Sebab-sebab Terjadinya Perubahan Fisika
Perhatikan kembali beberapa contoh perubahan fisika yang sudah dibahas di atas. Ternyata, perubahan fisika dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Pertama, perubahan fisika berupa perubahan wujud. Kedua, perubahan fisika karena pencampuran benda. Ketiga, perubahan fisika karena benda dipotong atau dibelah.
Perubahan wujud telah dipelajari di Kelas 1. perubahan wujud mencakup perubahan dari padat ke cair (disebut mencair atau meleleh), cair ke gas (menguap), gas ke cair (mengembun), cair ke padat (membeku), dan padat ke gas (menyublim). Semua perubahan wujud ini terjadi karena benda menerima atau melepaskan panas. Mencair (misalnya, es menjadi air), menguap (air menjadi uap air), dan menyublim (kapur barus menjadi gas) terjadi karena benda menerima panas. Sebaliknya, membeku (air menjadi es batu) dan mengembun (uap air menjadi air) terjadi karena benda melepaskan panas.
Pencampuran tergolong perubahan fisika selama benda-benda yang bercampur tidak bereaksi. Contohnya : mencampur gula dengan air, mencampur pasir dengan gula, dan mencampur serbuk besi dengan serbuk belerang. Benda-benda yang bercampur ini masih dapat dipisahkan satu sama lain. Namun, bila pada pencampuran tersebut timbul suatu reaksi kimia maka tergolong perubahan kimia. Contohnya : magnesium dicampur dengan asam klorida menghasilkan magnesium klorida dan gas hidrogen, serta natrium dicampur dengan air menghasilkan natrium hidroksida dan gas hidrogen.
Memecahkan atau membelah benda juga tergolong perubahan fisika. Contohnya : membelah kayu dan memotong kertas. Pada perubahan tersebut tidak terbentuk zat yang baru. Kayu semula memiliki sifat yang sama dengan kayu yang sudah dibelah. Demikian pula, kertas semula memiliki sifat yang sama dengan kertas yang sudah dipotong.
B.PERUBAHAN KIMIA
Seperti halnya perubahan fisika, perubahan kimia dapat kita amati di alam dan di lingkungan sekitar kita. Perubahan kimia seringkali disebut reaksi kimia. Apa contoh perubahan kimia? Bagaimana ciri-cirinya? Mari kita simak pembahasannya.
1.Beberapa Perubahan Kimia di Sekitar Kita
Setiap hari kita melihat tumbuhan hijau di halaman rumah, halaman sekolah, atau di pinggir jalan. Pernahkah kamu membayangkan terjadinya perubahan kimia pada tumbuhan hijau?
Jika kita amati, sebagian dedaunan pada tumbuhan yang menguning, sebagian lagi mengering, layu dan berwarna kecoklatan. Daun yang berwarna kecoklatan lama-lama akan jatuh. Sehingga di sekitar tumbuhan biasanya berserakan daun-daun kering. Proses daun yang menguning kemudian berubah menjadi kecoklatan termasuk perubahan kimia.
Proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau juga merupakan contoh perubahan kimia. Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan hijau. Pada proses ini, air dan karbon dioksida diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari. Reaksi kimia yang terjadi digambarkan sebagai berikut :
Air + karbon dioksida ? glukosa + oksigen
Glukosa yang dihasilkan pada proses fotosintesis dapat digunakan sebagai sumber energi untuk proses respirasi pada tumbuhan. Selain itu, glukosa juga disimpan sebagai cadangan makanan, misalnya pada umbi-umbian dan buah-buahan. Dengan demikian, cadangan makanan dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain. Sementara itu, oksigen yang dilepaskan oleh tumbuhan dapat digunakan oleh makhluk hidup lain untuk bernapas.
Perubahan kimia juga terjadi dalam kehidupan makhluk hidup lain, yaitu hewan dan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia tidak lepas dari perubahan-perubahan kimia yang terjadi di dalam tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan ini melibatkan banyak sekali perubahan-perubahan kimia yang berbeda. Sebagai contoh pada proses pencernaan makanan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan dicampur dengan zat-zat lain yang dihasilkan oleh tubuh. Hasilnya, digunakan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, proses pernafasan juga melibatkan proses kimia. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan digunakan untuk berbagai macam proses kimia.
Perubahan kimia juga dapat dilakukan di laboratorium. Laboratorium merupakan salah satu tempat dimana perubahan kimia banyak terjadi. Dalam pengamatan di laboratorium, kita dapat melihat zat-zat baru yang terbentuk akibat perubahan kimia. Perubahan kimia dapat ditandai dengan adanya pembentukan gas, pembentukan endapan, perubahan warna, dan perubahan energi. Perhatikan beberapa contoh berikut :
a.Pembentukan gas
Gas dapat terbentuk bila kita tambahkan kapur tulis kedalam larutan asam klorida. Gas tersebut adalah karbon dioksida.
b.Pembentukan endapan
Suatu larutan dapat bereaksi dengan larutan lain membentuk endapan (padatan). Reaksi ini disebut reaksi pengendapan. Sebagai contoh, reaksi antara larutan kalsium nitrat dengan larutan natrium karbonat. Bila kedua larutan ini dicampur, maka akan terbentuk endapan kalsium karbonat yang berwarna putih.
c.Perubahan warna
Perubahan warna dapat menunjukkan telah terjadinya perubahan kimia. Perhatikan ketika kamu membakar kertas. Semula kertas berwarna putih, tetapi setelah dibakar berubah menjadi arang dan timbul asap pada saat api padam. Contoh lainnya, tembaga karbonat (berwarna hijau) yang bila dipanaskan akan berubah menjadi tembaga oksida (berwarna kehitaman) dan gas karbon dioksida.
d.Perubahan energi
Ketika terjadi perubahan kimia, energi yang dimiliki oleh suatu zat berubah. Energi tersebut bisa bertambah atau berkurang. Energi yang dimiliki oleh zat bertambah bila zat itu menerima energi dari lingkungannya. Sebagai contoh reaksi fotosintesis pada tumbuhan hijau yang telah disebutkan di atas. Energi didapatkan tumbuhan dari sinar matahari. Contoh lain ketika memasak makanan. Energi panas diterima makanan sehingga menjadi matang. Sebaliknya, energi yang dimiliki oleh zat berkurang bila zat itu melepaskan energi ke lingkungannya. Sebagai contoh, kembang api yang dibakar melepaskan energi panas ke lingkungan, yaitu udara di sekitar kembang api.
Bagaimana dengan perubahan kimia yang terjadi di rumahmu? Kita mungkin tidak menyadari bahwa banyak sekali perubahan kimia yang terjadi di rumah kita. Sebagai contoh, ketika kita menggoreng telur. Telur matang memiliki warna dan wujud yang berbeda dengan telur mentah. Telur mentah yang semula berwujud cair berubah menjadi padat ketika sudah matang. Putih telur yang semula bening atau tidak berwarna berubah menjadi putih. Bahkan putih telur berwarna kecoklatan di bagian pinggirnya bila digoreng terlalu lama.
Perubahan kimia juga terjadi pada keadaan berikut ini. Pada suatu malam listrik di rumah kita padam. Apa yang akan kita lakukan? Biasanya kita menyalakan korek api untuk menyulut lilin. Ketika korek api dinyalakan maka terjadi perubahan kimia. Api membakar batang korek api menjadi arang yang berwarna kehitaman.
Perhatikan pagar besi yang ada di rumah atau sekolahmu. Adakah bagian besi yang berkarat? Karat pada besi terjadi akibat reaksi kimia antara besi dengan oksigen dan uap air di udara. Pembentukan karat pada besi juga termasuk perubahan kimia.
Setiap hari kita melihat mobil atau sepeda motor melintasi di jalan raya. Mesin mobil membutuhkan bahan bakar, misalnya bensin atau solar. Bensin yang bercampur dengan udara dibakar didalam mesin mobil sehingga timbul panas. Energi hasil pembakaran sebagian digunakan untuk menggerakkan mobil. Zat baru yang dihasilkan dari pembakaran tersebut dibuang melalui knalpot sebagai gas buang.
2.Sebab-sebab Terjadinya Perubahan Kimia
Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa contoh perubahan kimia. Perubahan kimia dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Pertama, perubahan kimia dapat terjadi akibat pembakaran. Kedua, perubahan kimia dapat terjadi karena pencampuran zat. Ketiga, perubahan kimia dapat juga terjadi akibat adanya aliran listrik.
Perubahan kimia akibat pembakaran dapat diamati pada pembakaran kertas atau pembakaran kayu untuk bahan bakar. Pada perubahan kimia ini, energi panas diberikan pada zat sehingga terbentuk zat baru. Pada pembakaran kertas dan kayu, zat baru yang terbentuk adalah arang (mengandung karbon), dan gas yang lepas sebagai asap.
Perubahan kimia dapat juga terjadi akibat pencampuran dua macam zat atau lebih yang menghasilkan zat baru. Sebagai contoh natrium hidroksida dicampur dengan asam klorida membentuk natrium klorida dan air.
Perubahan kimia dapat terjadi akibat adanya aliran listrik. Sebagai contoh ketika mengisi ulang aki kendaraan. Aliran listrik mengakibatkan reaksi kimia dalam aki, sehingga aki dapat digunakan kembali.
C.CIRI-CIRI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA
Kita telah melihat contoh-contoh perubahan fisika, kemudian melakukan kegiatan diatas. Mari kita ambil contoh perubahan fisika yang sederhana. Ketika kita membuat es batu, air mengalami perubahan wujud dari cairan menjadi padatan. Air tidak membentuk zat baru. Padatan es batu dapat dikembalikan lagi ke bentuk cairnya jika dipanaskan atau dibiarkan saja pada suhu kamar.
Bagaimana dengan perubahan kimia? Perhatikan kembali berbagai perubahan kimia yang sudah dibicarakan di atas. Apakah besi yang telah





Physical properties

Does not change the nature of the chemical properties of a material. Physical characteristics of smell, hardness, boiling point, material form.

Chemical properties

The changing nature of the chemical properties of a material. Explaining how a material reacts with other materials to form a new material.



Characteristics that indicate a chemical change:

Change color
Changes smell
Gas formation
Emergence light
The formation of new sediment
Changes in pH.
Example:

Sugar is a compound that easily decompose (decomposition) with heating becomes more simple compounds, such as black carbon (charcoal), which can not be broken down again either in physics or chemistry, but can change the structure and nature into graphite and diamond

Physical Changes

A material change of physics, is the substance of change is temporary, such as changes in form, shape or size. These changes do not produce new substances.

If we heat the ice, the ice turns into water, then if we keep the heat will turn water into water vapor.

This event is only a form which shows changes in ice, is the solid form of water, and water is a liquid, and water vapor is the gas form of water. It appears that the substance is still water. Various forms of change are examples of physical changes. Some examples below, is an easy form of change we observe.

The process of freezing, the change from liquid to solid as the temperature declines, making ice and making jelly or jelly is a process that is often carried out by our mothers.

Penyubliman is a solid change of events turned into a gas. In everyday life we encounter easier, such as camphor sublimes into a gas that smells. Crystallize an event changes the gas to solid, this event is often referred to as pengkristalan. Process in the laboratory can be done to make crystals of ammonium sulphate from ammonia gas and sulfur dioxide.

Other changes are being vaporized, melted and condenses. This event can be observed in the event of rain. This event begins with the evaporation of water into the air, then melt back and back to the earth's surface (Figure 1.6).



Change forms are also included in the physical changes, such as ground wheat into flour. spun yarn into cloth and trunk menjad cut wood beams, planks and plywood.

Chemical Changes

A chemical change that is conserved by producing a new substance. Chemical change is called a chemical reaction. For simplicity, we can do a simple experiment.

We take logs and burned, the wood trunk turned to ashes, accompanied by smoke and heat out.
Ash, smoke and heat that came out did not change back into a log. Consider Figure 1.7.



Lasting changes and to characterize the chemical changes, in other words, the substance before reacting differently to the substance after reacting.

Some other examples are:

The burning of fuel, gasoline or diesel to produce liquid and smoke and the energy that can drive motor vehicles.
Fotosiontesa processes in plants that have chlorophyll leaves, change the water, carbon dioxide and sunlight help can be turned into food or carbohydrates,
Heating limestone to produce calcium oxide and carbon dioxide gas
 



Material changes or substance - In Fisis / Physics and Chemistry - Chemistry
Thu, 18/05/2006 - 10:58 pm - godam64
Change is the changing nature of the material of a substance or material into another substance either into a new substance or not. Change the material is divided into two kinds, namely:

1. Material Changes In physics or Fisis
Physical changes are changes that alter a substance in terms of form, shape or size, but does not alter the substance becomes a new substance.

Examples of physical changes:
a. changes shape
- A melting block of ice into water
- Water evaporates into steam
- Camphor sublimes into a gas, etc.
b. change shape
- Grain ground into flour
- Yarn turned into cloth
- The trunk is cut so the wood beams and plywood, etc.
c. change in taste by sensory organs
- Changes in temperature
- Changes in taste, etc.

2. Change Material In Chemical
Is the change of a substance or material that causes terbantuknya new substance. Changes

Examples of chemical changes:
a. biodiesel fuel as fuel changes from liquid to exhaust smoke.
b. the process of photosynthesis in plants that convert water, sunlight, and so the food
c. create a dish that mixes ingredients according to recipes into dishes that can be eaten.
d. which alter the bomb exploded solids into fractions and explosion

Additional:
On physical changes can be restored from the output of the imput, but the chemical changes can not be returned to the original shape perfectly.
Physical change is not marked with the new substance. While the chemical changes are marked with the new substance.
Physical change as we know called as phase substance. There is no new substance is created. Although these substance have phase changed but these substance still have the same chemical molecule formula. Various physical changes:

1. Melt: change in form of solid matter to liquid.
2. Evaporate: change in form of liquid matter to gas.
3. Sublimation: change in form of solid matter to gas and vice versa.
4. Dew: change in form of gas matter to liquid.
5. Frozen: change in form of liquid matter to solid.

Changes in ice melt into water is an example of physical changes. Ice and water have the same molecular formula, which is H2O, so that no new substance is created.

Chemical changes we know as a chemical reaction by a few characteristics:

1. changes of color.
2. changes in temperature.
3. the occurrence of precipitation.
4. the occurrence of gas.

In the combustion of fuel gas there is chemical process change occurs. If we consider gas consists of octane, burning gas reaction:
C8H8 (g) + 12 O2 (g) ----> 8 CO2 (g) + 4 H2O (g)
fuel + oxygen ----> carbon dioxide + water vapor
That form new substances, namely carbon dioxide and water vapor that has a different molecular formula with the initial substances, octane and oxygen gas.

Material changes or substance - In Fisis / Physics and Chemistry - Chemistry
Thu, 18/05/2006 - 10:58 pm - godam64
Change is the changing nature of the material of a substance or material into another substance either into a new substance or not. Change the material is divided into two kinds, namely:
Physical and Chemical Changes
View clicks
Posted June 23rd, 2009 by A. Basic aryodewaFisika CHANGES PHYSICS
Physical changes can be observed in the environment around us. What are examples of physical changes? To get the answer, let us refer to the following discussion:

Physics 1.Beberapa Changes All Around Us
Perhaps there is a river in your area that has rocks of various sizes. These rocks have a large, others small. The rushing river and washed away the rock hit it, so breaking into the rocks smaller. Rock fragments have the same properties with the original rock. For example, fragments of rock and hard rock remains the original, and even the same constituent materials. Breakup events classified as changes in rock physics.
The air we breathe every day is the result of physical changes. Air consists of various gases, such as oxygen gas, nitrogen, and argon. These gases mixed with air to form physically. Air that has formed can be broken down into their constituent substances through distillation process.
When you hang the clothes are also physical changes. Initially wet clothes in the long run as it gets hot dry sun. Heat of the sun to evaporate the water contained in the clothes. The change from water into water vapor classified as physics changes.
When we make tea drinks are also physical changes. At the moment we mix the sugar with tea. After stirring for some time, the sugar granules disappear and the sweetness arises. The existence of a sweet taste indicates that the sugars are not lost, but still present in the tea water.
Physical changes can also be observed when we boil water, making ice cubes, water changes form from liquid to solid. When we fry dish with margarine, there is a change form from solid to liquid.

It happened because 2.Sebab-Physical Changes
Look back a few examples of physical changes that have been discussed above. Apparently, physical changes can be caused by several things. First, the physical changes of shape change. Second, physical changes due to mixing things. Third, changes in physics because it cut or split.
Change form has been studied in Class 1. shape changes include a change from solid to liquid (called melting or melt), liquid to gas (evaporating), gas to liquid (condenses), liquid to solid (freezing), and solid to a gas (sublimes). All of this being the change occurred because it receives or releases heat. Melts (eg, ice to water), evaporated (water into water vapor), and the sublime (a gas camphor) is because it receives heat. In contrast, frozen (water into ice cubes) and condense (water vapor to water) occurs because the body releases heat.
Mixture classified as physical changes during the objects are not mixed to react. For example: mixing sugar with water, mixing with sugar sand and iron filings mixed with sulfur powder. The objects of this mixed can still separated from each other. However, when it comes to mixing a chemical reaction is classified as a chemical change. For example: magnesium is mixed with hydrochloric acid to produce magnesium chloride and hydrogen gas, and sodium mixed with water to produce sodium hydroxide and hydrogen gas.
Breaking or cutting objects are also classified as physical changes. For example: chop wood and cut the paper. On these changes do not form new substances. Wood initially had the same properties that have been split wood. Similarly, the original paper has the same characteristics of paper that had been cut.

B. CHANGES IN CHEMICAL
Just as physical changes, chemical changes we observe in nature and the environment around us. Chemical changes are often called a chemical reaction. What examples of chemical changes? How characteristics? Let's look at the discussion.

Chemical 1.Beberapa Changes All Around Us
Every day we see the green plants in the yard, school yard, or on the street. Have you ever imagined a chemical change in plants green?
If we observe, some leaves are yellowing on the plants, some dry, withered and brown. Brown leaves long will fall. So that the plants are usually scattered around the dried leaves. The process of leaf yellowing and then turned into a brownish including chemical change.
The process of photosynthesis by green plants are also examples of chemical changes. The process of photosynthesis occurs in green plants. In this process, water and carbon dioxide is converted into glucose and oxygen with the help of sunlight. The chemical reaction that occurs is described as follows:
Water + carbon dioxide? glucose + oxygen

Glucose produced in the process of photosynthesis can be used as an energy source for respiration processes in plants. In addition, glucose is stored as reserve food, such as the tubers and fruits. Thus, food reserves can be used by other living creatures. Meanwhile, the oxygen released by plants can be used by other living creatures to breathe.
Chemical changes also occur in the lives of other living beings, ie animals and humans. Growth and development of animals and humans can not be separated from chemical changes that occur in the body. Growth and development involves a lot of chemical changes different. For example in the process of food digestion. Food that enters the body will be processed and mixed with other substances produced by the body. The result, the body uses to grow and develop. In addition, the process of respiration also involves a chemical process. Oxygen into the body will be used for various chemical processes.
Chemical changes can also be done in the laboratory. Laboratory is one place where many chemical changes occur. In the observation in the laboratory, we can see the new substances formed by chemical changes. Chemical changes can be characterized by gas formation, precipitate formation, color changes, and changes in energy. Consider the following examples:

a.Pembentukan gas
Gas can be formed when we add chalk into hydrochloric acid solution. The gas is carbon dioxide.

b.Pembentukan sediment
A solution can react with other solvents to form sludge (solid). This reaction is called precipitation reactions. For example, the reaction between calcium nitrate solution with sodium carbonate. When the two solutions are mixed, it will form deposits of calcium carbonate which is white.

c.Perubahan color
Change the color could indicate a chemical change has been. Notice when you burn the paper. At first white paper, but after the fire turned into charcoal and smoke arose when the fire went out. Another example, copper carbonate (green) which when heated turns into copper oxide (blackish color) and carbon dioxide gas.

d.Perubahan energy
When a chemical change, energy possessed by a substance changes. The energy can be increased or decreased. Energy is owned by the substance increases when the substance was received energy from the environment. For example reaction of photosynthesis in green plants that have been mentioned above. Energy obtained from sun plants. Another example when cooking food. Heat energy received by the food that becomes cooked. Conversely, the energy possessed by the substance of matter was dropped when the energy release into the environment. For example, fireworks that burned releases heat energy into the environment, the air around fireworks.
What about the chemical changes that occur in your house? We may not realize that a lot of chemical changes that occur in our homes. For example, when we fry an egg. Mature eggs in color and different shape with raw eggs. The original raw egg liquid changes to solid when it is cooked. The original egg white or colorless clear turning white. Even brown eggs and white at the edges when fried too long.
Chemical changes also occur in the following circumstances. In an electric night at our house went out. What shall we do? Usually we lit a match to light a candle. When lit the lighter chemical changes. The fire burning matchstick into charcoal-colored black.
Note the iron fence that is at home or school. Is there any part of the rusty iron? Rust on iron is due to chemical reaction between iron with oxygen and water vapor in the air. The formation of rust on iron also include chemical changes.
Every day we see a car or bike across the highway. The car engine needs fuel, such as gasoline or diesel. Gasoline mixed with air that was burned in the engine which raised the heat. The energy of combustion is used to drive some cars. New substances produced from the combustion exhaust discharged through the exhaust gas.

It happened because 2.Sebab-Chemical Changes
Previously, we have seen some examples of chemical changes. Chemical changes can be caused by several things. First, chemical changes may occur due to burning. Second, chemical changes can occur because of mixing substances. Third, chemical changes can also occur as a result of electricity.
Chemical changes due to combustion can be observed on the burning paper or wood burning for fuel. In these chemical changes, heat energy given to the substance, forming new substances. On paper and wood burning, the new substance is formed charcoal (containing carbon), and gas off the smoke.
Chemical changes can also occur due to mixing of two or more kinds of substances that produce new substances. For example, sodium hydroxide is mixed with hydrochloric acid to form sodium chloride and water.
Chemical changes may occur as a result of electricity. For example when the vehicle battery recharge. Electricity chemical reaction in the batteries, so batteries can be reused.

C.CIRI-PHYSICAL CHARACTERISTICS AND CHEMICAL CHANGES
We have seen examples of physical changes, then perform the above activities. Let us take the example of a simple physical change. When we make ice cubes, water changes form from liquid to solid. Water does not form a new substance. Solid ice may be returned back to liquid form when heated or left standing at room temperature.
What about chemical change? Consider again the chemical changes that have been discussed above. Does iron have been


1. Material Changes In physics or Fisis
Physical changes are changes that alter a substance in terms of form, shape or size, but does not alter the substance becomes a new substance.

Examples of physical changes:
a. changes shape
- A melting block of ice into water
- Water evaporates into steam
- Camphor sublimes into a gas, etc.
b. change shape
- Grain ground into flour
- Yarn turned into cloth
- The trunk is cut so the wood beams and plywood, etc.
c. change in taste by sensory organs
- Changes in temperature
- Changes in taste, etc.

2. Change Material In Chemical
Is the change of a substance or material that causes terbantuknya new substance. Changes

Examples of chemical changes:
a. biodiesel fuel as fuel changes from liquid to exhaust smoke.
b. the process of photosynthesis in plants that convert water, sunlight, and so the food
c. create a dish that mixes ingredients according to recipes into dishes that can be eaten.
d. which alter the bomb exploded solids into fractions and explosion

Additional:
On physical changes can be restored from the output of the imput,






3 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih infonya

Unknown mengatakan...

really good :)

Naomi Okta mengatakan...

Teerimakasih banyak infonya, sangat bermanfaat untuk tugas saya :)

Posting Komentar